Latest News

Kecocokan Pasangan Menjamin Kebahagiaan?

Kecocokan Pasangan Menjamin Kebahagiaan
Apakah benar kecocokan pasangan menjamin kebahagiaan?

Pada artikel sebelumnya kita telah membicarakan tentang adanya 3 tipologi kepribadian dalam perkawinan. Untuk melihat seperti apa sosok kepribadian menyangkut kecocokan pasangan hidup kita, maka kita bisa menemukannya pada saat penjajagan atau proses pacaran. Baik dari cara bicara, sikap dan perilaku, kegiatan hobi atau kegemarannya, maupun berbagai aktivitas lainnya.

Informasi Kecocokan Calon Pasangan

Informasi dari teman, saudara, maupun keluarga besarnya bisa memperkaya kita dalam menyimpulkan tentang sosok calon pasangan hidup. Namun untuk sampai pada kesimpulan tentang gambaran yang dimaksud tidak perlu terlalu detail, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk proses penjajagan juga tidak terlalu lama.

Orang dengan “tipe rumahan” akan lebih cocok dan serasi dengan orang dari tipe yang sama. Tipe ini cenderung lebih siap dan lebih menghargai perkawinan dari pada mengutamakan prestasi-prestasi yang lebih bersifat pribadi. Sifat dan karakter yang sama-sama tidak menyukai perjalanan dan pengembaraan akan mendorong mereka untuk memberikan dan mengalokasikan sebagian besar waktu dan perhatiannya bagi keluarga.

Tipe rumahan ini sebenarnya kurang cocok bila bersanding dengan orang dari tipe pengembara. Orang yang memiliki tipe pengembara cenderung mengutamakan ego dan prestasi pribadi. Sifat seperti ini akan sering melukai pasangannya yang bertipe rumahan.  Apalagi sifat introfert dan posesif dari tipe rumahan gampang menyulut api cemburu. Sehingga kegiatan pasangannya dari tipe pengembara justru tidak akan membuat tenang, malah bisa menjadi pemicu timbulnya pertengkaran. Dari pengalaman, tidak sedikit kasus perselisihan rumahtangga dipicu oleh perbedaan ini.

Tipe pengembara yang atraktif cenderung lebih cocok dengan orang yang bertipe pengembara juga. Perilaku, aktivitas, maupun kegemaran orang dengan tipe dinamis ini sangat sesuai dengan orang yang memiliki hobi maupun kegiatan yang juga dinamis. Namun mengingat tipe ini memiliki sifat cepat bosan dan menyukai tantangan, hubungan atau relasi orang yang bertipe sama ini kadang juga tidak bisa berlangsung lama.

Sedangkan untuk orang yang memiliki “tipe antara”, akan bisa menyesuaikan dengan kedua tipe lainnya. Namun sebelum memutuskan untuk melangkah ke jenjang perkawinan, sebaiknya orang yang ber-“tipe antara” ini memikirkan masak-masak apakah dia siap dengan berbagai kemungkinan di kemudian hari. Posisi ini mirip dengan orang biasa yang mendapatkan pasangan orang yang terkenal, seperti artis atau public figur.
Namun sekali lagi, pembagian kelompok ini lebih dimaksudkan untuk membantu menemukan kecocokan pasangan menjamin kebahagiaan atau setidaknya mendekati kepribadian dan karakter kita sendiri.