Latest News

Pentingnya Mengenal Kepribadian Pasangan

Mengenal Kepribadian Pasangan
Sebelum menentukan dan memutuskan siapa calon pasangan hidup kita, ada baiknya kita lebih dahulu mengenal kepribadian pasangan maupun tipe orang yang cocok sebelum memutuskan menikah. Sebab, orang yang paling tahu tentang kita tentunya adalah diri kita sendiri. Oleh karena itu yang bisa mengukur apakah seseorang itu cocok dan ideal sebagai pasangan kita adalah kita sendiri.

Proses pengenalan yang biasanya dilakukan sebagai penjajagan sebelum memasuki gerbang perkawinan sebaiknya dilakukan dalam waktu yang cukup. Tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lama. Kalau kita terlalu cepat mengambil kesimpulan, maka kita akan menanggung akibat yang tidak ringan. Apalagi kalau pacar kita tidak mau terbuka dan jujur maupun mengenalkan latar belakang atau berkenalan dengan orang tua masing-masing.

Sebaliknya, proses pacaran yang terlalu lama dikhawatirkan bisa menjurus pada hal-hal yang melanggar norma sosial maupun agama. Selain itu, pacaran yang terlalu lama juga mencerminkan adanya maksud tertentu yang tersembunyi. Bisa karena ketakutan sang laki-laki memasuki gerbang pernikahan karena beban tanggung jawab yang dirasanya besar. Apalagi kalau belum memiliki pekerjaan atau tidak memiliki penghasilan tetap.

Pacaran untuk Mengenal Kepribadian Pasangan

Dalam proses penjajagan untuk mengenal kepribadian pasangan, tidak ada salahnya kita meminta pertimbangan dari orang tua atau saudara kita tentang calon pasangan yang hendak kita pilih. Pertimbangan ini penting untuk memberikan sudut pandang yang berbeda karena bisa jadi pandangan kita sendiri tidak lagi obyektif akibat perasaan cinta yang menggebu.

Keluarga atau orang tua kita diharapkan bisa menilai dari segi keseriusannya dalam membina hubungan maupun tanggung jawabnya. Tanggung jawab ini tidak saja meliputi aspek materi namun yang lebih penting adalah faktor kepemimpinannya, baik sebagai kepala rumah tangga, sebagai imam dalam membimbing anggota keluarga, serta sebagai laki-laki.

Namun, sekali lagi, tidak mudah mengenali kepribadian calon pasangan. Semakin tidak mudah lagi mengukur seberapa cocok atau jodoh kita dengan seseorang. Apalagi soal jodoh adalah urusan Tuhan, sehingga Tuhanlah yang sangat tahu tentang jodoh seseorang.

Namun kita tentunya tidak boleh pasrah saja atau berdiam diri menunggu datangnya calon pasangan hidup kita. Sebagai sebuah usaha kita juga dituntut untuk mengenali calon pasangan hidup kita agar rumahtangga kita mendapatkan kebahagiaan.

Belajar dari pengalaman maupun sejumlah kasus, tidak sedikit masalah yang timbul akibat perbedaan masing-masing pasangan. Semasa masih pacaran, perbedaan ini mungkin dianggap kecil atau belum terungkap. Apalagi ketika cinta menggelora, perbedaan prinsip pun kadang terkalahkan. Disnilah pentingnya mengenal kepibadian pasangan hidup sebelum kita memasuki gerbang pernikahan.